Categories
Uncategorized

Tips Memilih Genset Bensin Sebagai Mesin Cadangan Energi Listrik

Masyakarat modern tidak akan terlepas dari listrik. Saking bergantungnya kepada listrik, masyarakat kita akan merasa tidak nyaman bahkan terganggu apabila kebutuhan listrik harian tidak terpenuhi. Strategi yang digunakan agar suply listrik tetap tersedia bahkan ketika sedang terjadi pemadaman adalah dengan menggunakan genset. Genset dibagi menjadi genset bensin dan genset diesel jika dilihat dari bahan bakar mesinnya.

Genset atau generator set adalah alat yang bekerja mengubah energi mekanik hasil pembakaran bahan bakar menjadi energi listrik. Energi listrik inilah yang kemudian digunakan manusia dalam menghidupkan peralatan-peralatan elektronik miliknya. Genset yang digunakan semata-mata untuk kebutuhan harian alat-alat rumah tangga disebut dengan genset rumah tangga. Genset ini banyak ditemukan di kota-kota besar dimana sering terjadi pemadaan listrik. Genset yang banyak digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan listrik rumha tangga adalah genset bensin. Berikut adalah beberapa tips memilih genset bensin sebagai genset rumah tangga.

  1. Kalkulasi Kebutuhan Listrik

Sebelum membeli genset, pastikan terlebih dahulu jika Anda sudah menghitung kebutuhan listrik harian rumah Anda. pertimbangkan kembali apakah genset diperlukan untuk menghidupkan seluruh peralatan elektronik rumah atau hanya sebagian saja. Karena semakin banyak alat elektronik yang dinyalakan, akan semakin besas kapasitas listrik yang dibutuhkan. Rata-rata kapasitas genset bensin untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga adalah 1000 kVA sampai dengan 10.000 kVA.

  1. Mencari Referensi Merk-Merk Genset

Tidak hanya dalam hal membeli genset, ketika Anda hendak membeli apapun pastilah ingin mendapatkan barang yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Untuk itulah perlunya dilakukan review baranh sebelum Anda membelinya. Pencarian referensi  dapat dilakukan dengan melihat review berbagai brand genset yang biasanya dapat ditemukan di Youtube. Jika Anda memiliki kenalan ahli mesin atau kerabat yang sudah pernah membeli genset sebelumnya, Anda dapat bertanya-tanya dan meminta rekomendasi brand apa yang paling sesuai untuk Anda.

  1. Pastikan Bahan Bakar Mudah dicari

Bahan abakar adalah elemen utama agar genset dapat digunakan. Sebelum membelinya, pastikan Anda memilih tipe genset yang bahan bakarnya dapat dengan mudah Anda dapatkan. Harga bahan bakar juga dipertimbangkan, walau harga bensin lebih mahal daripada solar, namun efek bensin terhadap mesin biasanya lebih ramah dan keluaran asap mesin juga tidak sebanyak genset diesel.

  1. Memilih Jenis Genset

Setelah yakin dengan bahan bakar yang sesuai dengan kapasitas Anda, saatnya menentukan tipe genset yang akan dimiliki. Biasanya untuk kebutuhan rumah tangga genset bensin lebih banyak dicari karena selain bahan bakar yang mudah dicari, genset bensin juga tidak menghasilkan suara bising seperti halnya genset diesel sehingga cocok jika diletakkank di sekitar rumah.

  1. Memastikan Asuransi Mesin Genset

Tentunya Anda tidak  ingin dirugikan hanya karena asuransi sebuah barang tidak terjamin kebenarannya. Berhubung genset adalah sebuah mesin yang bekerja secara fisik untuk waktu yang tidak sebentar, maka resiko kerusakan mesin juga harus menjadi perhatian utama Anda sebelum membelinya. Anda dapat melakukan upaya preventif sebelum kerugian melanda. Yaitu dengan memastikan asuransi barang yang Anda beli kepada penjual. Pastikan berapa lama jangkauan asuransi yang akan Anda terima terhadap genset Anda serta toleransi kerusakan yang akan ditanggung oleh asuransi.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli genset bensin. Hal-hal di atas dapat dijadikan acuan karena kebanyakan customer mengalami komplain setelah pembelian barang karena kurang mempertimbangkan beberapa hal di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *